Arena of Valor vs Mobile Legend, Mana yang Lebih Seru??

game seru

Genre MOBA tampaknya tak akan pernah surut dalam menelurkan berbagai title game andalan. MOBA yang merupakan singkatan dari Multiplayer Online Battle Arena adalah jenis permainan e-sports yang belakangan marak dan digandrungi banyak kalangan.

Ragam title atau judul MOBA dianggap mewakili satu karakteristik tersendiri. Saking tingginya animo, tiap-tiap MOBA punya fans dan bahkan menjurus pada fanatisme yang membanding-bandingkan bahwa satu judul dengan judul MOBA lain dianggap lebih menantang dan memperlihatkan kualitas serta keandalan skill bermain.

Sebat saja Arena of Valor (AoV) dan Mobile Legend (ML). Kedua judul MOBA ini seakan tak pernah surut. Beberapa diskusi kerap pula memantik debat kusir panas antar para penggilanya.

Dan tahukah Anda , bahwa sebenarnya antara satu game dengan game lain punya kesamaan dan perbedaan yang menjadi karakteristik serta tipikal sebuah game tersebut.

Apa saja persamaan dan perbedaan antara ML dan AoV yang kerap memantik debat tersebut? Ikuti ulasannya.

 

  1. Segi Kekuatan Grafis

Tak perlu berdebat kusir soal ini. Sekian banyak player sudah menyatakan bahwa AoV menang telak untuk urusan grafis. Memang dari segi size dan spesifikasi AoV dibilang lebih berat. Namun ini sepadan dengan tampilan yang diberikan.

 

Kualitas grafis sering dianggap sebagai salah satu penentu seru tidaknya permainan yang berlangsung. Tapi bila pemain lebih mementingkan gameplay, ML yang disebut-sebut punya kadar grafis “sederhana” tetap masih juara.

 

  1. Reward Sistem

Apalagi yang dikejar seorang player dari sebuah game selain reward yang ditawarkan. Bila AoV punya reward sistem yang disebut dengan istilah Arcana, ML juga tak kalah dengan sistem Emblemnya.

 

Sistem reward dalam AoV kadang dibilang sedikit lebih rumit. Namun sebenarnya pemain yang telah lama berkutat dalam dunia AoV paham betapa pentingnya Arcana.

 

Pun demikian dengan Emblem dalam ML. Sebagai persamaan, kedua jenis Reward Sistem ini bisa diraih seorang player dengan menyelesaikan misi dan meraih battle points atau gold serta menggunakan uang asli.

 

  1. Rangking atau Level Sistem

Kedua game MOBA ini baik AoV ataupun ML sama-sama mengadopsi sistem rangking atau leveling yang ditandai dengan bintang setiap push rank yang terjadi.

 

Setiap poin EXP yang diraih setelah menyelesaikan satu putaran misi akan menaikkan level atau peringkat pemain.

 

Meski sistem ini dianggap kadang menjengkelkan, karena bisa saja pemain yang gagal dalam pertandingan akan kehilangan bintang yang sudah didapatknya. Ini sama saja dengan turun level.

 

  1. Gameplay serta Rangkaian Fitur

Sebenarnya kedua jenis game yang sedang diulas ini sama sama menerapkan mode yang sama. Baik AoV maupun ML masih menerapkan mode 5v5 sebagai mode utama.

 

Dan ada yang menyatakan bahwa AoV bisa saja lebih mantap dengan adanya pengaturan mode 3v3 atau 1v1, meski sebenarnya ML juga punya sistem gameplay serupa dengan melakukan pengaturan Custom Match dimana pemain dengan mudah bisa mengatur jenis gameplay sesuai selera.

 

Untuk mapping masing-masing game juga cenderung sama. Terdapat tiga lane atau jalur pertandingan (mid atau tengah, hi atau atas dan low atau bawah). Setiap path dibatasi dengan Turret atau Tower yang bila player terus bergerak maka akan menjumpai hutan berisi beragam monster yang siap untuk dibantai.

 

  1. Path Insider

Disinilah laga sebuah MOBA berlangsung. Baik AoV maupun ML sama-sama mengisi path insider untuk masing lane atau jalur pertandingan dengan monster hutan.

 

Tiap-tiap game akan memberikan buff sebagai reward bagi pemain yang berhasil membunuh monster hutan yang muncul.

 

Pada game ML terdapat 4 jenis monster. Menghabisi monster kecil akan meningkatkan Gold, HP serta EXP pemain. Sementara turtle akan memberikan suntikan EXP team serta tambahan Gold. Selain itu juga terdapat dua monster buff dan lord yang akan membantu hero player dalam menyerang musuh.

 

Sementara AoV menerapkan 5 jenis monters. Tidak ada lord dalam game AoV. Hanya dua monster besar yang akan menyuntikkan Gold dan EXP tim, serta dua Golem dengan reward buff normal, dan 5 deret monster kecil yang bakal menyuntikkan EXP dan HP tambahan.

Itulah tadi rangkaian ulasan tentang AoV dan ML yang harus diketahui oleh seorang player. Tiap-tiap game punya karakteristik tersendiri yang sebenarnya mengarah pada persamaan, meski juga ada sedikit keunggulan yang diberikan dari perbedaan yang ada. Pendek kata, tak perlu debat kusir, cukup pilih saja mana yang disuka, dan mainkan sesuai level skill untuk menyenangkan hatimu.